Penerapan Statistika Dalam Kehidupan Sehari-hari

1. PENDAHULUAN

Ilmu statistik memegang peranan penting dalam penelitian, baik dalam model perumusan hipotesa, dalam pengembangan alat dan instrumen pengumpulan data , serta penentuan sampel dan dalam analisis data. Statistik dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui apakah hubungan antara dua atau lebih variabel benar-benar berkaitan dalam ualitas empiris ataukah hubungan tersebut hanya bersifat random atau kebetulan saja.

Disadari atau tidak, statistika telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam membeli suatu barang yang berharga mahal seperti komputer, tentu kita melakukan penelitian ke toko-toko dan membandingkan harga, fitur, maupun jaminanya. Serta dalam penerapan ilmu sosiologi, digunakan untuk mendapatkan nilai rata-rata dari beberapa kali percobaan, untuk menentukan pola persebaran penduduk dan laju pertumbuhan ekonomi, dan lain sebagainya.

Berdasar pendahuluan diatas, penyusun ingin mengetahui lebih jauh tentang ilmu statistik dalam kehidupan keseharian kita.

2. PEMBAHASAN

a. Pengertian Statistika

Statistik adalah bagian dari matematika yang secara khusus membicarakan cara-cara pengumpulan, analisis, dan penafsiran data. Dengan kata lain, istilah statistik di sini digunakan untuk menunjukkan tubuh pengetahuan tentang cara-cara pengambilan sampel, serta analisis dan penafsiran data.
Gazperz (1989) juga mengatakan bahwa statistiak adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan serta penganalisisannya, penarikan kesimpulan serta keputusan yang cukup beralasan berdasarkan nfakta yang ada.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa statistika yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara dan aturan pengumppulan, pengolahan, penarikan kesimpulan berdasarkan data-data dan analisis yang dilakukan.
Menurut macamnya, statistik dapat dibagi menjadi du bagian yaitu:

a. Statistik Deskriptif (Descriptive Statistic)

Statistik Deskriptif (Descriptive Statistic) adalah segala metode untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menganalisis data kuantitatif atau data kualitatif yang dikuantitatifkan secara deskriptif (gambar), misalnya bentuk tabel, grafik, chart, dan indeks. Dalam analisis ini terbatas pada pelukisan fakta itu sendiri, tidak bersifat inferance (membuat simpulan yang engaruh pada generalisasi dari kondisi poopulasi).

b. Statistik Induktif (Infrensial Statistic)

Statistik Induktif (Infrensial Statistic) adalah metode yang hanya menarik simpulan dari statistik deskriptif yang dapat berupa peramalan dan penafsiran. Dalam statistik ini dapat menggunakan hipotesis dan mengaruh pada simpulan secara Aggregate dan sebelumnya disertai dengan deskriptif. Untuk menmahami stataistik inferensial, diperlukan konsep dasar mengenai populasi dan sampel.
3. Manfaat dan Fungsi Statistika

Manfaat statistik dalam penelitian sosial dapat dibagi dalam empat keperluan:
-Statistika digunakan untuk menysusun, meringkas atau menyederhanakan data.
-Statistika digunakan untuk membantu peneliti dalam merancang kegiatan survey atau eksperimen yang dapat memperkecil biaya untuk mendapatkan informasi dalam jumlah tertentu.
-Statistika digunakan penelitian untuk menetapka metode yang terbaik dalam penarikan kesimpulan sesuai dengan teknik pengambilan sampel.
-Mengukur baik  tidaknya sebuah inferensi.

Secara umum fungsi statistik adalah sebagai alat bantu dalam mengolah, menganalisis, dan menyimpulkan hasil yang telah dicapai. Secara khusus, statistik dapat juga berfungsi sebagai:
-Bank Data: menyediakan data untuk diolah dan diinterpretasikan agar dapat digunakan untuk memberikan keterangan tentang keadaan yang perlu diketahui.
-Alat Quality Kontrol: dapat digunakan sebagai alat bantu untuk standarisasi dan sekaligus sebagai alat pengawas.
-Pemecahan masalah dan pembuatan keputusan sebagai dasar penetapan kebijakan lebih lanjut.

4. Pengaplikasian Statistika dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, pengaplikasian statistika yang sering kita jumpai di sekitar kita. Berikut beberapa contoh kegunaan statistik di kehidupan sehari-hari:
-Bagi ibu-ibu rumah tangga, dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan keluarganya sering melakukan perhitungan untung rugi, beberapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk belanja, listrik, dll.
-Sebagai mahasiseaa, selain statistika dipelajaris ecara formal, kita sudah menggunakannya dalam perhitungan Indeks prestasi.
-Sedang dalam  bidang industri digunakan untuk menentukan keputusan.

Contoh:
1. Data tentang penjualan gula di toko berkah pada bulan Juli dan Agustus dalam (kg) ditunjukkan sebagai berikut:

Minggu ke      Juli     Agustus
I                  90            84
II                105          95
III                 85          110
IV                100           80

Data di atas dapat disajikan dalam diagram batang sebagai berikut:

2. Hasil survei yang dilakukan pengurus BEM di suatu Universitas terhadap jumlah mahasiswa yang mengikuti Unik Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada bulan Agustus 2017 sebagai berikut:

Divisi                Jumlah Mahasiswa
Pramuka                         120
Bola Volly                         60
Renang                             80
Basket                             100
Karya Ilmiah                  40

Dalam menyajikan  data dalam bentuk diagram lingkaran berbeda dengan penyajian data dalam diagram yang lain, yang bisa langsung disajikan, namun perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Menentukan besarnya presentase masing-masing objek terhadap keseluruhan data, seperti contoh berikut ini:
120/400 x 100% = 30%
Dengan cara yang sama dapat dilakukan untuk masing-masing UKM.

2. Menentukan besarnya sudut pusat lingkaran dari masing-masing UKM. Besarnya sudut pusat lingkaran dapat dihitung dengan membagi presentase tiap UKM dengan 100% dan dikali dengan 360°. Contohnya:
30%/100% x 360° = 108°
Dengan cara yang sama dapat dilakukan untuk masing-masing UKM.

3. Mempresentasikan hasil yang diperoleh ke dalam lingkaran.

Jenis          Jumlah  Persen  Sudut  UKM                                        Pusat
Pramuka       120        30%     108
Bola Volly       60        15%       54
Renang           80         20%      72
Basket            100        25%      90
Karya Ilmiah 40         10%      36
Jumlah           400

Dari data di atas dapat disajikan dalam diagram lingkaran sebagai berikut:

3. PENUTUP
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, minginterpretasi, data.

Singkatnya, statistik adalah ilmu yang berkenaan dengan data.
Statistik memiliki peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya dalam penggunaan ilmu statistik untuk mengatur bera jumlah pengeluaran kita yang disesuaikan dengan pendapatan yang kita beli, dan lainnya yang pada akhirnya membutuhkan keputusan terbaik yang akan kita ambil.

DAFTAR PUSTAKA
Danapriatna, Nana, Rony Setiaean. 2005. Pengantar Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hadi, S. 2002. Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Saleh, M. 2012. Pengantar Statistik Ekonomi 1. Jember: Pena Salsabila.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *